Aplikasi Wajib yang harus di kuasai Planner/Perencana Wilayah dan kota

Perencanaan wilayah dan kota atau biasa di singkat PWK merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang Tata Kota dimana untuk mempelajari Perencanaan kita di wajibkan untuk  mampu menganalisis masalah pada suatu kawasan, serta mampu membuat proyeksi perencanaan kedepan secara teliti dengan menggunakan teori - teori yang ada, untuk itu Planner , sebutan seorang ahli perencana wilayah dan kota harus memiliki kerampilan tambahan dengan menguasai aplikasi yang dapat membantu untuk mempermudah kegiatan Analisis dan Perencanan, Berikut aplikasi wajib yang harus di kuasai oleh seorang Planner .



1. Aplikasi Gis
Gis merupakan singkatan dari geographic information system , dengan aplikasi ini kita tidak hanya mampu membuat peta saja tetapi fungsi utama sebagai alat pembanding dan analisis suatu kawasan. 
dengan kata lain suatu Gis adalah suatu sistem basis data dengan kemampuan khusus untuk menangani data yang bereferensi keruangan (spasial) bersamaan dengan seperangkat operasi kerja (Barus dan Wiradisastra, 2000).
mempelajari aplikasi Gis tidaklah terlalu sulit jika kita sudah mengenal Komponen dan menu - menu Navigasi pada aplikasi  ini, untuk mempermudah memahami aplikasi gis secara menyeluruh akan di ajarkan di bangku perkuliahan ataupun bisa menambah referensi dengan belajar melalui Youtube maupun buku .
GIS aplikasi wajib yang harus di kuasai oleh  seorang ahli dibidang perencana wilayah dan kota untuk memulai belajar menggunakan aplikasi Gis silahkan download aplikasinya pada situs resmi www.esri.com 

2. Aplikasi Google Eart
Google Eart merupakan aplikasi yang beguna sebagai pemetaan yang memudahkan untuk melihat dunia, dengan aplikasi ini Kita dapat mengamati gambar dari satelit yang memperlihatkan  arah jalan, bangunan, keadaan geografis, dan data spesifik mengenai lokasi atau tempat tertentu. dengan aplikasi Google eart kita bisa menentukan letak kordinat suatu kawasan yang ingin kita petakan dan nantinya dapat di input pada Aplikasi Gis. 
cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah pertama download aplikasi nya di https://earth.google.com/ 
kemudian tinggal memasukkan nama daerah yang ingin di tampilkan pada menu pencarian.

3. Aplikasi GPS
untuk dapat menganalisis suatu wilayah atau kota peran aplikasi GPS sangat berguna untuk menentukan kordinat titik lokasi pada kawasan contohnya jika ingin membuat Masterplan Transportasi maka kita membutuhkan data lokasi penunjang yang bisa di dapatkan dari titik kordinat pada aplikasi GPS , salah satu apikasi gratis yang dapat digunakan adalah Navigasi GPS & Peta Sygic pada smartphone

4. Aplikasi Google Sketchup
Sketchup adalah sebuah perangkat lunak yang di kembangkan oleh Trimble, dengan aplikasi ini kita bisa membuat berbagai model baik untuk membuat desain rumah ataupun untuk membuat Peta 3D , dengan aplikasi ini Seorang ahli di bidang PWK atau bagi mahasiswa yang fokus pada Urban design akan mampu menghasilkan Desain Perencanaan akhir suatu kawasan atau MasterPlan .

aplikasi Google sketchup bisa di unduh secara gratis di www.sketchup.com

Itulah Aplikasi Wajib yang harus di kuasai Planner/Perencana Wilayah dan kota selain itu ada aplikasi tambahan lain nya yaitu 3D software Lumion ataupun Software dari Autocad. yang bisa di kuasai sebagai nilai tambah bagi seorang ahli Perencana wilayah dan kota.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Wajib yang harus di kuasai Planner/Perencana Wilayah dan kota"

Post a Comment