7 cara efektif mengatasi ngantuk di Bulan Puasa

kantuk saat berpuasa sering dialami bagi kita yang menjalankan ibadah puasa apalagi saat siang hari hal ini terjdi karena terjadinya perubahan siklus makan dan tidur anda. dari kebiasaan biasanya,

menurut penelitian yang dimuat dalam journal of sleep research, berkurangnya waktu tidur dan aktifitas yang di mulai lebih awal akan mengurangi durasi tahap tidur pulas anda. mengakibatkan pada siang hari anda akan merasakan ngantuk pada siang dan sore hari, di tambah lagi disebabkan karena kurang nyaasupan makanan, nutrisi dan cairan membuat tubuh menjadi lemas.

berikut 7 cara efektif mengatasi kantuk saat BerPuasa :

1. aturlah pernapasan
untuk megatasi rasa ngantuk cara paling efektif dengan mengatur pernapasan, belajarlah untuk mengatur nafas anda lebih baik saat anda sedang berpuasa. bernafaslah secara perlahan , panjang dan penuh , hal ini akan membuat oksigen masuk secara optimal ke dalam sistem tubuh anda, jika pernapasan yang dilakukan dangkal maka semakin sedikit pula oksigen yang masuk kedalam sel- sel tubuh dan otak ataupun jantung. mengakibatkan organ tubuh akan kesulitan dalam menjalankan fungsinya.

2. Perbanyak minum air putih
saat menjalankan sahur dini hari, minumlah air putih 3-4 gelas , dan hindari konsumsi kopi , meminum air putih dapat memenuhi asupan cairan tubuh yang dapat mengatasi kantuk saat berpuasa.

3. Makan secukupnya
saat sahur dan berbuka , ada baiknya kita makan secukupnya dan menghindari makan sampai kenyang karena dapat mengakibatkan kantuk , dan rasa malas untuk bergerak, dan hindari makanan yang mengandung banyak lemak dan gula karena dapat mengakibatkan rasa ngantuk saat berpuasa.

4. Tidur secukupnya
salah sat cara agar tidak ngantuk saat berpuasa dan melakukan aktivitas seperti ke kantor , kuliah atau sekolah adalah dengan tidur lebih awal , agar dapat sahur tepat waktu , dan saat bangun sahur anda tidak akan kehilangan kekurangan tidur.

5. Banyaklah bergerak
mengatasi ngantuk saat berpuasa biasa dilakukan dengan banyak bergerak, jika kita sesorang pekerja kantoran yang memiliki rutinitas duduk dan di depan monitor, ada baiknya menyempatkan berdiri dan melakukan gerakan ringan, berjalan agar menhindari rasa ngantuk.

6. Berolahraga ringan
cara berikutnya dengan melakukan olahraga ringan seperti menggerakan tangan, kepala dan kaki sederhana, karena hal ini akan merenggangkan otot dan mampu membuat tubuh menjadi segar kembali.

7. Tidurlah sejenak
cara terakhir dengan memanfaatkan waktu senggang/ istrihat untuk tidur sejenak, hal ini akan membuat tubuh kembali bugar setelahnya , cukup tidur selama 30- 45 menit, .

Itulah 7 cara efektif mengatasi ngantuk di bulan Puasa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 cara efektif mengatasi ngantuk di Bulan Puasa"

Post a Comment